Sabtu, 12 Maret 2011

Dasar Pemrograman Web & Input Output

Dasar Pemrograman Web 

Untuk mengerti cara aplikasi web secara umum bekerja kita harus mengerti hal - hal mendasar dari aplikasi web tersebut. Ditulisan - tulisan di blog ini banyak membahas tentang apache server,xampp,wamp , tomcat dan lain - lain. Tapi, jika kita kurang mengerti cara umum suatu web bekerja maka kita mungkin akan lebih sulit dalam menerima suatu kenyataan pelajaran yang kita dapatkan.

Prasyarat
Secara Umum Aplikasi Web akan berjalan apabila hal - hal ini terpenuhi :
1. Jaringan
2. Server Web (Apache HTTPD/IIS/Xitami/Apache Tomcat Dll)
3. Client (Browser : Firefox,flock,Chrome,IE,Opera Dll)


Jika kita perhatikan, nomor 1 adalah jaringan betul (kiwil mode on :D ) ? , nah pasti kita akan berpikir : "Mahal dong, komputer dirumah kan cuman 1" , OK .. yang dimaksud dengan jaringan adalah kemampuan komputer untuk membuat suatu sistem logis tentang bagaimana aplikasi berkomunikasi dengan aplikasi yang lain tanpa harus dikerjakan dari awal dan bersama-sama.


Protocol dan Port
Kemampuan ini ada karena adanya landasan yang disepakati bersama yaitu protocol. TCP/IP adalah protocol yang dikhususkan untuk jaringan. Implementasinya, akan membutuhkan suatu Object Imaginer yang disebut PORT.

PORT komputer berjumlah 65535 buah, yaitu dari 1 - 65535. Sebagian port tertentu disepakati sebagai port untuk aplikasi tertentu.

Berikut ini beberapa nomor port dan aplikasinya :
80 : http
25 : smtp
110:pop3
3306:mysql

Untuk melihat port lainnya bisa melihat di sini

Cara Pengecekan
Lalu bagaimana caranya mengetahui port tersebut aktif di komputer kita ?
untuk Windows->buka Dosprompt lalu ketik netstat -A
untuk Linux->buka console lalu ketik netstat | grep tcp


HTTP
Nah, setelah kita mengetahui caranya dan membuktikan port - port apa sajakah yang aktif dikomputer kita, maka jika suatu hari web server kita bermasalah kita dapat mulai mencek untuk memastikan bahwa :
1. Apakah Port 80 hidup , jika hidap lalu ..
2. Apakah Port 80 tidak digunakan oleh aplikasi lain, misal Skype atau IIS

Dasar pemrograman web : Input Output

Untuk mengerti lebih cepat baik pemrograman web PHP maupun Java, maka dibutuhkan pengertian tentang cara kerja web itu sendiri. Disini yang ingin saya tekankan adalah proses pengiriman data dari client/browser ke server/http server/aplikasi (java/php).

Jika anda telah sering menggunakan web untuk browsing, maka pasti anda akan mengenal Link dan Form. Link digunakan untuk diklik dan mengantarkan ke halaman tertentu, sedangkan form memang lebih jelas menunjukan ada data yang dikirim.



Link
Link atau tag a href (html) , biasanya berbentuk http://www.halamananda.com/index.php?id=10.
Disini, kita dapat secara jelas melihat di address bar browser bahwa ada variabel id yang bernilai 10. Ini merupakan cara pengiriman data/input dengan metode GET.

Jadi, singkatnya dengan menggunakan link maka kita mengirimkan data ke server dengan method GET.

Form
Form lebih kompleks, data - data yang dikirimkan bisa tidak tampak di address bar browser, tapi bisa juga tampak. Mengapa ini terjadi ? , ini karena tag form mengenal property method yang bisa berisi GET atau POST

Sehingga, dapat disimpulkan dengan sederhana :

1. Dengan menggunakan method GET, maka variabel akan terlihat di address bar
2. form bisa menggunakan GET atau POST
3. Dengan menggunakan method POST, data - data sensitive tidak akan terlihat di address bar
4. link menggunakan method GET


Implementasi
Untuk implementasi , php membedakan cara pembacaan data hasil pengiriman dengan method GET dan POST. Dalam php seluruh data hasil kiriman akan masuk kedalam suatu array $_GET apabila dikirim dengan link/method GET , dan akan masuk kedalam array $_POST apabila dikirim dengan form/method POST.

Java, JSP khususnya tidak membedakan antara GET dan POST. JSP hanya menggunakan method request.getParameter("namaparameter") untuk membaca data hasil kiriman baik POST maunpun GET 
http://www.kuliahpemrograman.co.cc/search/label/dasar%20web

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites